Kurikulum Terintegrasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Penyusunan kurikulum di Program Studi Teknik Geodesi FT-ITP berangkat dari penyesuaian terhadap kurikulum 2018 (kurikulum SN-DIKTI dan KKNI). Hal tersebut menyangkut aspek-aspek:

  1. Keselarasan visi dan misi pendidikan tinggi di Institut Teknologi Padang yang berlandaskan SN-DIKTI dan KKNI berorientasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.
  2. Pola pikir terhadap fungsi, peran dan kompetensi lulusan, dan
  3. Implementasi kurikulum yang berkolaburasi dengan pihak/mitra kerjasama
Diagram Alir Penyusunan Kurikulum Program Studi Teknik Geodesi FT-ITP

Berdasarkan diagram alir Gambar 2, penyusunan kurikulum diawali dengan penentuan Profil Lulusan dari prodi Teknik Geodesi ITP, dimana penentuan profil lulusan berdasarkan pada data tracer study lulusan dan keperluan pengguna lulusan oleh stake holder, industri, perusahaan, dll. Hal ini dimaksudkan supaya lulusan dari Teknik Geodesi ITP dapat memenuhi profil lulusan. Untuk itu, maka setiap profil lulusan memiliki indikator pembelajaran atau yang disebut sebagai Capaian Pembelajaran. Capaian pembelajaran lulusan adalah Kemampuan yang diperlukan untuk menjalankan peran lulusan sesuai profil. Berdasarkan Capaian Lulusan tersebut disusun bahan kajian dan juga matakuliah serta jumlah SKS setiap matakuliah untuk mendukung tercapaianya Capaian Pembelajaran yang harus dimiliki setiap Profil Lulusan.