Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Padang, Rabu, 6 Desember 2023b lalu menggelar Webinar Internasional. Webinar ini terselenggara berkat kerjasama Prodi Teknik Geodesi dengan PT. Sonar Nusantara. Webinar ini diselenggarakan secara luring dan daring serta dihadiri oleh berbagai tamu undangan dari berbagai Mitra Perguruan Tinggi, DuDi dan satuan Pendidikan, Mitra Tamu dari UNDIP, UGM, ITB ITENAS, UNPAK, UIGM yang hadir secara daring dan UPI, UNES, Universitas Ekasakti, UNP, dst yg hadir luring.

Selain itu Pengurus Pusat Ikatan Surveyor Indonesia yang diwakili dari Kompartemen Tambang dst, serta perwakilan Komisariat Wilayah di seluruh Indonesia baik dari Riau, Yogyakarta, Jawa Tengah, Bandung, dst hadir secara daring.

Mitra stakeholders seperti PT. JAYA SURVEI INDONESIA, PT. KOMPAS NAVIGASI INDONESIA, PT. WEBGIS INDONESIA, PT.WAINDO SPECTERRA, PT. ARIA AGRI INDONESIA, PT. SAMPULU ADIKARYA PRAKARSA, PT. GEOSWARA GEOSYSTEMS, KJSKB ANDRE HIDAYAT DAN REKAN, KJSKB SANDY dst hadir secara daring.

Mitra Sekolah seperti SMK N 1 Bukittinggi, SMK N 2 Payakumbuh, SMK N 4 Ampek Nagari hadir secara luring dan mitra sekolah lain hadir secara daring.

Serta perwakilan dari Lantamal Kota Padang Letkol laut (P) Hendra Astawan, S.E., berbagai instansi pemerintahan seperti PERKIMTAN KAB. DHAMASRAYA, BPN Kota Padang, ESDM kota Padang, dst yang hadir secara daring.

Webinar Internasional ini membahas masa depan ekosistem infomasi geospasial, perkembangan teknologi informasi geospasial terintegrasi dengan pembangunan berkelanjutan yang menjadi agenda krusial yang digaungkan diseluruh dunia. Data dan informasi spasial menjadi tulang punggung reformasi kebijakan publik strategis dan strategi akselerasi industri.

“Teknologi telah meningkatkan kemampuan penyediaan informasi geospasial dan mengubah paradigma “survei dan pemetaan” menjadi “penyedia informasi geospasial”. Inovasi teknologi geospasial seperti Teknologi Drone, teknologi Light Detection and Ranging (LiDAR), dan Satelite Image juga telah mengubah tata cara pemanfaatan dan tata kelola informasi geospasial, “ ungkap Win Pyae Htet, B.sc (Hons), M.Sc, M.Sc yang bertindak sebagai Keynote speaker.

Dalam paparannya, akademisi yang berasal dari Geology Department, kyaing Tong University Myanmar ini menjelaskan bidang keilmuan teknik geodesi sangat bersisian erat dengan industri pertambangan. Data dan informasi geospasial dapat dimanfaatkan industri pertambangan untuk meningkatkan keamanan, efektifitas kerja, dan keberlanjutan industri.

Senada dengan apa yang dipaparkan oleh pemateri, Wakil Rektor I ITP, Firmansyah David, Ph.D menuturkan kegiatan Webinar Internasional ini merupakan agenda rutin Prodi Teknik Geodesi ITP yang bertujuan untuk merefleksikan materi yang didapatkan di kampus dengan trend faktual yang berkembang di dunia industri.

“Harapannya dengan adanya sinergi dan kolaborasi antara pendidikan dan perguruan tinggi, mahasiswa tidak hanya terpaku pada satu dimensi akademik saja. Namun, sejalan dengan bidang keilmuan Teknik Geodesi, yaitu survey dan pemetaan sehingga mahasiswa diharapkan mampu dekat dengan industri, “ ucap Wakil Rektor I ITP.


Wakil Rektor I ITP menyebutkan ini merupakan kesempatan emas bagi para peserta terutama untuk mahasiswa dan tenaga pengajar untuk menggali informasi tentang perkembangan teknologi informasi geospasial di Asia Tenggara. Ia menambahkan ruang lingkup pekerjaan teknologi sangat luas, sebagai satu-satunya Prodi Teknik Geodesi di Provinsi Sumbar, ITP berkomitmen untuk mencetak talenta-talenta Geospasial unggul SUMBAR, dan Indonesia pada umumnya

Acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan dari Raka Angga Prawira, S.T, Supervisor Business Consultant PT. Sonar Nusantara, ia menjelaskan berbagai peran ilmu survey dan pemetaan dalam pertambangan. Ia menerangkan informasi berbasis data geospasial menjadi lapisan dasar untuk penyusunan rencana dan strategi pada berbagai sektor dan disiplin.

“Perkembangan teknologi informasi geospasial memperluas gagasan publik dalam perencanaan pembangunan industri serta menavigasi dalam pengambilan kebijakan pembangunan. Sehingga para pemangku kepentingan dapat melaksanakan program pembangunan yang terukur dan berdampak optimal dalam pengembangan industri dan masyarakat, “ jelas ia

Dalam rangkaian kegiatan Webinar Internasional tersebut juga dilakukan penandatangan dokumen kerjasama antara Prodi Teknik Geodesi ITP dengan PT. Sonar Nusantara dan penyerahan penghargaan long life Achievements kepada keluarga alm. Masrinedi Umar, M. Eng atas dedikasinya kepada Prodi Teknik Geodesi ITP dan Ikatan Surveyor Indonesia khususnya KomWil SUMBAR.

Sesi diskusi ditutup dengan sharing session bersama Nurdin Hamzah, S.T. alumni Teknik Geodesi ITP yang telah bekerja sebagai assistant surveyor di PT. Obi Nickel Cobalt. Pada sesi ini ia membagikan motivasi dan berbagi pengalaman dengan para peserta webinar terkait stategi dalam meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi tantangan perkembangan era digitalisasi.

Setelah acara webinar selesai, Prodi Teknik Geodesi juga melakukan uji coba alat bersama PT. Leica Geosystem. Alvitrisno Amini, S.T., Product Manager PT. Leica Geosystems Indonesia yang turut hadir membawa BLK2GO dan melakukan uji coba oleh Prodi Teknik Geodesi, FT, ITP untuk melakukan scanner di kampus II ITP dan didampingi oleh Raka, dosen dan mahasiswa.

Dalam closing statementnya, Ka. Prodi Teknik Geodesi FT ITP, Dwi Arini, S.T., M.T., mengucapkan rasa terima kasihnya kepada PT. Sonar Nusantara yang memberikan support funding dalam kegiatan ini, serta Himpunan Mahasiswa Teknik Geodesi ITP selaku panitia penyelenggara dan support Dosen Teknik Geodesi serta karyawan yang telah bekerja keras hingga acara selesai dengan sangat baik.